Sunday, June 3, 2012

Pentingnya Menjaga Alam Kita

Udah sekian lama gak buka blog yang sederhana ini..

Kali ini saya akan membahas tentang betapa pentingnya kita untuk peduli terhadap lingkungan kita ini (Bumi).



Bumi tempat tinggal kita ini sudah semakin rapuh lho.. Sering terjadinya bencana alam,,sudah menunjukan betapa rapuhnya bumi tempat tinggal kita ini.Dan faktor utama dari semua itu adalah ulah dari beberapa manusia yang tidak bertanggung jawab atas perusakan alam kita ini.
Kita gak bisa menyalahkan satu per satu,,namun yang seharusnya kita lakukan adalah tindakan untuk menjaga dan merawat kekayaan alam yang masih ada sekarang ini.


Seperti yang kita tahu , sekarang ini telah terjadi perubahan cuaca yang tak menentu dan juga pemanasan global atau sering disebut GLOBAL WARMING.
Mungkin beberapa orang berpendapat bahwa "global warming terjadi karena di bumi ini semakin banyak polusi dari kendaraan yang semakin banyak atau polusi dari industri yang semakin diperluas."
Pernyataan tersebut memang benar,, namun taukah anda bahwa Global warming itu sebenaranya adalah akibat dari hutan di bumi ini yang semakin habis.
Dan itu adalah faktor yang paling besar berpengaruh akan terjadinya global warming.
Seperti yang kita tahu bahwa Hutan adalah paru-paru dunia,, Hutan menyerap karbondioksida dan polusi-polusi yang ada di bumi ini,, kemudian melepaskan oksigen ke atmosfer.
Walaupun banyak polusi yang dihasilkan di bumi ini oleh manusia,, namun jika masih ada hutan yang membentang luas,, maka masih ada penyerap karbondioksida/polusi di bumi ini.
Namun faktanya hutan / paru-paru dunia ini sudah semakin habis,, maka terjadilah global warming.


Di Indonesia sendiri pun tinggal sekitar 35% hutan alami. Hal ini terjadi karena adanya penebangan ilegal pada beberapa perusahaan yang melanggar HPH.
Dan taukah anda bahwa hasil penebangan di Indonesia ini 3/4 hasilnya adalah hasil dari penebangan ilegal.
Dan kita kehilangan hutan sekitar 2% tiap tahunnya dari tahun 2007 hingga sekarang ini.

Pada beberapa perusahaan yang harusnya memanfaatkan lahan hutan industri, namun sayangnya mereka tak puas dengan hal tersebut dan menggunakan kayu-kayu yang ada pada hutan alami dan juga hutan hujan tropis. Karena adanya hal tersebut, sehingga menimbulkan banyak dampak negatif untuk bumi kita ini,, terutama di Indonesia,
banyak satwa liar yang kehilangan tempat tinggalnya dan menimbulkan adanya pemanasan global, karena semakin berkurangnya pohon-pohon besar yang ada di hutan untuk menyerap karbondioksida, dan masih banyak dampak-dampak negatif yang lainnya.

Ada beberapa cara untuk peduli akan kelestarian alam ini..

1. Kita coba kurangipenggunaan kebutuhan pokok yang berasal dari hasil alam,, misalkan kitakurangi penggunaan kertas atau tissue, kita gunakan seperlunya saja. Jadimisalkan semakin sedikit penggunaan kertas , tissue dll yang berasal dari hasilhutan, maka akan sedikit pula produksi penjualan dari produk tersebut.

2. Kurangi aktifitas kita yang kiranyamenimbulkan polusi udara. Hemat akan energi yang bersumber dari hasil alam.

3. Dengarkandan dukung beberapa LSM yang mempunyai kegiatan untuk penyelamatan lingkungan. Karenaseperti yang kita tau bahwa pemerintahpun kurang begitu agresif dalamkepedulian terhadap alam ini. Dan gak ada salahnya jika kita mendengarkanLSM yang bergerak di bidang lingkungan, karena kegiatan mereka adalah kegiatanpositif dan hal itu juga bermanfaat bagi kita semua.


Sudah saatnya kita melestarikan dan menjaga kekayaan alam yang ada saat ini. Kalau bukan kita yang melakukannya, siapa lagi??


No comments:

Post a Comment